Biaya Hidup di Kampung Inggris

Bismillah…Biaya Hidup di Kampung Inggris

Pertanyaan yang banyak ditanyakan pada saya dan sepertinya memang menjadi pertimbangan utama bagi sebagian orang dalam memutuskan untuk belajar di kampung inggris ini adalah

Berapa biaya hidup atau biaya kursus di kampung inggris?

Saya akan coba bantu jawab dengan berbagi cerita. Berdasarkan pengalaman saya selama kurang lebih enam bulan belajar di kampung inggris ini, setidaknya sudah ada 6 kali perencanaan keuangan yang saya buat dan juga 6 kali evaluasi keuangan yang telah saya lakukan. Dari catatan tersebut saya coba membagi biaya hidup selama di Pare ini menjadi 2 kategori yaitu yang pertama kebutuhan yang harus di anggarkan sebagai anggaran prioritas dan yang kedua, kebutuhan yang sifatnya tergantung pada situasi dan kondisi keuangan masing-masing atau anggaran non prioritas.

Namun sebagai catatan, rekan-rekan sekalian perlu ingat bahwa masing-masing kita punya tingkat dan jenis kebutuhan yang berbeda-beda, lalu kondisi perekonomian yang tidak menentu (seperti tingkat inflasi dan nilai tukar rupiah) dapat menyebabkan perubahan sewaktu-waktu pada biaya-biaya yang saya sampaikan ini. Sehingga apa yang saya sampaikan disini yangmana lebih lebih didasarkan pada pengalaman (sejarah), tidak bisa dijadikan informasi yang 100% valid. Rekan-rekan harus tetap bijak, informasi ini cukup dijadikan sebagai gambaran awal  biaya-biaya yang ditimbulkan selama menjalani proses belajar di kampung inggris ini. Sepakat ya!

Kategori pertama : Anggaran Prioritas itu terdiri dari;

  1. Biaya kursus
  2. Biaya untuk tempat tinggal (kost/camp)
  3. Biaya untuk transportasi (sewa sepeda)
  4. Biaya konsumsi (makan-minum)
  5. Perlengkapan mandi dan laundry

Kategori kedua : Anggaran non Prioritas, di antaranya ;

  1. Buku
  2. Pulsa (telepon/sms/paket internet)
  3. Sertifikat
  4. Jalan-jalan (perpisahan kelas)
  5. Dll

Summary : Anggaran Biaya Hidup di Kampung Inggris per 1 Bulan

Oke, saya coba terangkan satu-satu, let’s see!

Pages : 1 2 3 4 5 6 7 8

Leave a Reply

