Biaya Hidup di Kampung Inggris

Kategori kedua, Anggaran non Prioritas, di antaranya ;

1. Buku

Buku yang saya maksud disini bukan buku yang diharuskan oleh lembaga kursus tempat rekan-rekan kursus bukan. Buku yang saya maksud disini adalah buku-buku lain penunjang proses belajar rekan-rekan. Di pare, ada banyak buku-buku pendukung yang secara materi sangat berbobot. Bahkan masing-masing kursusan berlomba untuk bisa menerbitkan buku karya lembaganya sendiri untuk di sebar luaskan. Seperti lembaga kursus Genta dengan buku The Common Vocabulary atau lembaga kursus Kresna yang memperbanyak Catatan Pelajaran lalu di komersilkan di berbagai toko buku di pare, dan ada banyak buku-buku lainnya.

Untuk harga, jangan terkejut, khususnya rekan-rekan yang sering berkunjung ke toko buku Gramedia. Kamus oxford di Gramedia seharga 100 ribu, di pare hanya 8 ribuan sampai 15 ribu. Gimana bisa, ya itulah enaknya belajar disini. Saya awalnya juga seperti itu dan setelah saya teliti ternyata yang membuatnya murah adalah adanya proses cetak ulang tapi menggunakan kertas yang lebih rendah kualitasnya.

Yang masih menjadi pertanyaan saya adalah apakah Undang-undang Hak cipta disini tidak berlaku dan anehnya buku-buku seperti ini justru di produksi dan di pasarkan secara masal di kampung inggris ini, bukan secara diam-diam. Walaupun demikian, sejauh ini saya melihat ada banyak manfaat yang di dapatkan oleh para pelajar, buku yang murah memungkinkan semua pelajar memiliki buku dan dengan itu proses transfer ilmu bisa lebih efektif dan merata. Berikut buku-buku yang pernah saya beli:

Bukuku di Pare

  1. Useful English Preposition Rp25000
  2. Kamus Praktis Idiom Rp20000
  3. 400 must have words for the TOEFL Rp20000
  4. Confusing Word Rp20000
  5. Majalah Bekas Hello Rp3000
  6. An Outline of American Story Rp15000
  7. Ada Apa dengan Bahasa Arab Rp20000
  8. Simple Vocabulary Rp15000
  9. La Taskut Panduan Praktis Percakapan Bahasa Arab Rp20000
  10. Novel Bekas Undue Influence R5000
  11. Dll.

Jadi untuk anggaran ini sangat relatif, tergantung minat rekan masing-masing, namun jika memang mau di anggarkan tiap bulannya, boleh saja sekitar 50 ribu, itu sudah bisa dapat 5 buku.

1. Buku   Rp50.000 –

2. Pulsa (telepon/sms/paket internet)

Ini juga merupakan produk nasional, harganya rata-rata sama, isi pulsa 10 ribu harganya 11 ribu. Untuk pembuatan anggaran, di asumsikan untuk pulsa komunikasi dengan keluarga 20 ribu dan paket internet unlimited satu bulan 50 ribu. Jadi total untuk keperluan ini anggaran selama sebulan sebesar Rp80.000,-

2. Pulsa (telepon/sms/paket internet) Rp80.000,-

3. Sertifikat

Rekan-rekan terutama yang sedang cari kerja atau beasiswa pasti sangat membutuhkan yang namanya sertifikat. Setelah berakhirnya program, rekan-rekan bisa dapatkan sertifikat per program yang telah di ikuti dengan membayar biaya sebesar Rp15.000. berserta foto. Hampir semua kursusan biaya cetak sertifikatnya sama. Jadi untuk biaya sertifikat ini bisa di anggarkan sebesar Rp15.000 di kali dengan jumlah program yang rekan-rekan ambil nantinya. Anggap dalam satu bulan rekan-rekan hanya ambil satu program, jadi sertifikatnya hanya 1 lembar.

3. Sertifikat   1 @Rp15.000     Rp15.000

4. Jalan-jalan (perpisahan kelas)

Satu hal yang paling di gemari para pelajar yang punya jiwa petualang adalah traveling. Pare yang berlokasi diantara, memberikannya banyak pilihan untuk traveling, ke malang dekat, ke jogja dekat, ke lokasi-lokasi wisata lainnya juga dekat. Karena banyaknya pilihan wisata, menjadikannya satu cara yang mainstream untuk refreshing dan bahkan dijadikan program rutin oleh kursus atau camp. Pun di kelas-kelas yang rekan-rekan nanti akan ikuti, akan ada saja yang mengusulkan untuk jalan-jalan sebagai acara perpisahan kelas (farewell party). Berikut beberapa wisata yang banyak di kunjungi oleh para pelajar di kampung inggris ini;

wisata Pelajar Pare

Satu bentuk rutinitas para pelajar ini juga telah mendorong hadirnya banyak agen-agen wisata, tour and travel, yang menyediakan jasa travelling dengan harga yang bersaing. Biaya untuk traveling ini sangat bergantung pada lokasi wisata yang rekan-rekan dan teman-teman akan kunjungi. Biasanya akan semakin murah, ketika banyak yang ikut. Seperti perjalanan saya ke pulau sempuh bersama rekan-rekan saya lainnya, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp200.000 per individu.

Jika rekan-rekan ingin memasukkan dalam anggaran, bisa di asumsikan biaya untuk ini terendah 100 ribu, ini khusus jalan-jalan di wilayah sekitar pare, seperti terowongan Surowono, hingga tertinggi bisa 1 jutaan.

4. Jalan-jalan     Rp100.000 – 1.000.000

 5. Dll.

Ini anggaran yang disiapkan untuk hal-hal yang tidak bisa di pastikan waktunya, seperti biaya ke dokter ketika jatuh sakit. Atau alat-alat elektronik rekan-rekan yang mengalami kerusakan ketika di kampung inggris ini, seperti laptop yang perlu di install ulang, atau HP yang eror, dll. Mungkin rekan-rekan bisa siapkan dana cadangan untuk hal-hal yang tidak dapat di prediksi ini.

5. Dll   Rp500.000

Pages : 1 2 3 4 5 6 7 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s