Biaya Hidup di Kampung Inggris

1. Biaya Kursus

Agar rekan-rekan dapat memahami dengan baik terkait biaya kursus ini, saya coba sedikit gambarkan tentang kampung inggris pare ini. Saya menggambarkannya sebagai salah satu contoh pasar persaingan sempurna. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah jumlah penjual dan pembeli yang banyak, produknya homogen dan tidak ada campur tangan pemerintah dalam menentukan harga. Apa keuntungan bagi konsumen dengan adanya pasar persaingan sempurna, yaitu persaingan yang kompetitif antar pelaku pasar mendorong terwujudnya efisiensi namun tetap mengutamakan kualitas. Konsumen di beri kebebasan memilih berbagai jenis produk berkualitas tinggi dengan harga yang relatif murah (kompetitif).Peta Kampung Inggris

Kampung inggris pare ini, berdasarkan Peta Kampung Bahasa Pare di atas, ada sekitar 140an lembaga kursus. Jumlah lembaga kursus yang luar biasa banyak untuk ukuran satu daerah ini telah mendorong setiap lembaga kursus untuk berinovasi dalam strategi guna meraih pangsa pasarnya, mulai dari strategi harga, strategi program, strategi metode belajar, strategi pelayanan, dan strategi-strategi lainnya yang akan bermunculan di kemudian hari.

Salah satu strategi yang mencolok adalah strategi pada harga atau biaya per satu program yang sangatlah bervariasi. Saya coba tampilkan biaya kursus yang pernah saya ambil sebagai gambaran tentang biaya kursus di kampung inggris ini;

No

Nama / jenis program

Lembaga Kursus

Lama Belajar

Biaya

1.

Step 1/ Speaking

The Daffodils

1 bulan

Rp200.000

2.

Ground vocabulary

Webster

2 pekan

Rp80.000

3.

Pronunciation 1

Peace

2 pekan

Rp75.000

4.

Basic Program 1 / Grammar

Elfast

1 bulan

Rp190.000

5.

Grammar for Speaking

Kresna

2 pekan

Rp40.000

6.

Basic Program 2/ Grammar

Elfast

1 bulan

Rp180.000

7.

Arabiyah fi Aidina 1/ Bahasa Arab

Ocean

1 bulan

Rp150.000

8.

TOEFL Preparation

Elfast

1 bulan

Rp245.000

9.

Translation / Grammar

Elfast

1 bulan

Rp185.000

10.

Writing / Grammar

Elfast

1 bulan

Rp180.000

Rekan-rekan bisa saksikan betapa variatifnya biaya masing-masing program. Karenanya, berbicara tentang biaya kursus ini sangat bergantung pada program apa dan di lembaga kursus mana yang rekan-rekan akan ambil. Namun berdasarkan survey yang saya lakukan melalui brosur-brosur yang saya kumpulkan, biaya kursus ini berkisar antara kisaran di bawah seratus, terendah ada 40 ribu per satu program hingga yang tertinggi untuk satu bulan per satu program, ada 1,5 juta. Dan biasanya dalam pasar persaingan sempurna, harga itu berbanding lurus dengan kualitas.

Untuk memudahkan rekan-rekan dalam membuat anggaran, untuk biaya kursus ini saya ambil kisaran yang mainstream lembaga kursus tawarkan yaitu berkisar pada 200-300 ribu rupiah.

1. Biaya Kursus   Rp200.000-300.000,-

Intermezzo
Pada tabel nomor 7, itu saya ambil kursus bahasa arab. Jadi di kampung inggris selain kursus bahasa inggris, kursus bahasa asing lain seperti arab, mandarin, dan jepang, juga tersedia dengan biaya yang bersaing juga.

Tips :

  1. Biaya kursus sangat ditentukan oleh program apa dan di lembaga kursus mana yang rekan-rekan akan ambil. Untuk menjawab hal tersebut, rekan-rekan sejak awal harus sudah menentukan apa yang menjadi target belajar rekan-rekan, apakah TOEFL, IELTS atau sekedar untuk bisa menggunakan bahasa inggris ala kadarnya saja.
  2. Setelah menentukan target belajar, rekan-rekan cari referensi hal-hal apa saja yang bisa mendukung rekan-rekan untuk meraih target tersebut. Bisa search di google, misalnya cara mendapatkan toefl tinggi atau belajar speaking english dengan cepat, dll. Contoh misalnya rekan-rekan menargetkan untuk mendapatkan skor TOEFL di atas rata-rata, hal-hal yang mendukung untuk mencapai target tersebut adalah memperkuat pemahaman tentang tata bahasa (grammar) dan simulasi tes. Maka fokus program yang sebaiknya rekan-rekan ambil adalah program-program grammar. Ini penting, mengingat bahwa waktu dan dana terbatas, sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan mengambil program-program yang memang dibutuhkan saja.
  3. Setelah mengetahui jenis program apa yang akan diambil, langkah selanjutnya adalah menentukan lembaga kursus mana yang akan dipilih, caranya dengan mencari informasi lembaga kursus mana di pare ini yang kompeten dalam jenis program tersebut. Bisa dengan membaca testimoni-testimoni atau cerita-cerita pelajar yang pernah belajar di lembaga tersebut.
  4. Setelah mendapatkan beberapa nama lembaga kursus referensi tersebut, langkah selanjutnya adalah kunjungi website lembaga kursus tersebut dan lihat informasi program dan biaya per programnya. Melalui website itu, rekan-rekan bisa membuat rencana belajar seperti waktu belajar, lalu biayanya, dan juga bisa sekalian daftar secara online jika memang sudah yakin dengan lembaga tersebut.
Pages : 1 2 3 4 5 6 7 8

One thought on “Biaya Hidup di Kampung Inggris

  1. liburan sudah dekat tapi belum punya rencana…?
    mau belajar bahasa Inggris sambil liburan ?
    yuk ke Elfast Kampung Inggris tersedia berbagai Program pembelajaran bahasa Inggris : Speaking, Grammar,Translation,Writing, Pre TOEFL ITP, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS, TOEFL camp dan Camp Reguler
    Info Lebih lanjut :
    http://www.elfast-pare.com
    Jln Kemuning Tulungrejo Kampung Inggris Pare Kediri
    0354 3999844

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s