Sukses Terbesar dalam Hidupku

Ini merupakan essay yang saya tulis untuk apply Beastudi Indonesia Preparatory School Batch 2, walaupun belum lolos, saya senang membaca tulisan ini. Semoga bisa menginspirasi. Salam Peradaban!

MENGABADIKAN KEBAIKAN

Sukses adalah tercapainya suatu tujuan atau keinginan. Setiap manusia memiliki pandangan berbeda tentang makna sebuah kesuksesan, tergantung apa yang menjadi tujuan dan keinginannya. Seorang pejalan kaki ditanya tentang kesuksesan, menjawab bahwa sukses adalah ketika bisa memiliki motor. Lalu bertanya kepada pengendara motor tentang kesukesan dan menjawab bahwa sukses adalah ketika bisa memiliki mobil, dan seterusnya. Maka, berbicara tentang sukses terbesar dalam hidup saya adalah berbicara tentang apa yang menjadi tujuan atau keinginan terbesar saya.

Tujuan atau keinginan terbentuk dan dibentuk oleh banyak hal. Namun secara general, saya membaginya menjadi dua klasifikasi yang menurut saya memiliki perbedaan signifikan baik secara perbuatan atau dampak yang ditimbulkan, yaitu pembentuk berupa orientasi pada dunia (Dunya Oriented) dan orientasi pada akhirat (Akhirah Oriented). Seseorang yang berorientasi pada dunia, tujuan atau keinginan terbesarnya cenderung pada hal-hal yang bersifat materil atau sesuatu yang dapat ia rasakan secara langsung. Sedangkan yang berorientasi pada akhirat cenderung pada pencapaian nilai-nilai yang terkadang tidak ia rasakan secara langsung hasil dari pencapaian tujuannya tersebut.

Dan pembentuk tujuan atau keinginan terbesar saya adalah akhirah oriented, orientasi pada akhirat. Perpisahan dengan keluarga ketika baru berusia 12 tahun, lebih tepatnya setelah lulus pendidikan dasar menjadi awal mulanya proses pembentukkan tersebut. Jarak yang memisahkan dengan keluarga menjadikan hari-hari yang dilalui penuh dengan perenungan, merasa kehilangan lalu mencari sesuatu untuk menggantikannya. Upaya mencari pengganti sesuatu yang hilang tersebut dilakukan dengan membaca, bermain, berkumpul, berkontemplasi, dan bahkan dengan menangis.

Dari upaya-upaya tersebut, saya mendapati bahwa kesempatan yang bernama kehidupan dunia hanya diberikan satu kali, dan kesempatan satu kali itu menentukan kehidupan selanjutnya. Sehingga saya berkesimpulan bahwa saya harus bisa memanfaatkan sebaik-baik dan semaksimal mungkin kesempatan yang hanya satu kali ini. Di dasari hal inilah saya mulai mencari tujuan, mencari apa ingin saya capai, mencapai apa yang bisa menentukan kehidupan di kehidupan selanjutnya.

Dan cara itu adalah dengan menjadi hamba Dzat yang tidak pernah mati (Tuhan), yaitu Allah swt. untuk menjadi hamba-Nya yaitu dengan masuk ke dalam agama yang di ridhoi-Nya yaitu Islam. Di dalam Islam terdapat perangkat amalan yang sangat lengkap yang bisa mengantarkan seseorang mendapatkan tempat terbaik setelah kehidupan dunia, mulai dari yang wajib hingga sunah, amalan kecil hingga yang besar, amalan tidak tampak (hati) hingga amalan yang tampak, namun dari semua amalan itu ada bentuk amalan yang membuat saya termotivasi untuk mencapainya yaitu memiliki kebaikan yang abadi.

“Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakannya” (HR. Muslim).

Inilah tujuan terbesar yang ingin saya capai, memiliki amalan abadi. Dengan kata lain sukses terbesar dalam hidup saya adalah ketika banyak ilmu yang sudah di ajarkan, di tandai dengan jumlah buku yang telah ditulis, murid yang telah diajar, dan kualitas dampak dari pengamalannya. Sukses terbesar dalam hidup saya adalah ketika memiliki amal jariyah, di tandai dengan jumlah wakaf yang diberikan, dan tingkat kebermanfaatannya yang terus menerus. Sukses terbesar dalam hidup saya adalah ketika memiliki keturunan yang soleh dan soleha yang senantiasa mendoakan. Itulah sukses terbesar dalam hidupku.IMG_1177

2 thoughts on “Sukses Terbesar dalam Hidupku

  1. liburan sudah dekat tapi belum punya rencana…?
    mau belajar bahasa Inggris sambil liburan ?
    yuk ke Elfast Kampung Inggris tersedia berbagai Program pembelajaran bahasa Inggris : Speaking, Grammar,Translation,Writing, Pre TOEFL ITP, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS, TOEFL camp dan Camp Reguler
    Info Lebih lanjut :
    http://www.elfast-pare.com
    Jln Kemuning Tulungrejo Kampung Inggris Pare Kediri
    0354 3999844

  2. Bismillah sukses ya akhiiii…

    liburan sudah dekat tapi belum punya rencana…?
    mau belajar bahasa Inggris sambil liburan ?
    yuk ke Elfast Kampung Inggris tersedia berbagai Program pembelajaran bahasa Inggris : Speaking, Grammar,Translation,Writing, Pre TOEFL ITP, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS, TOEFL camp dan Camp Reguler
    Info Lebih lanjut :
    http://www.elfast-pare.com
    Jln Kemuning Tulungrejo Kampung Inggris Pare Kediri
    0354 3999844

Leave a Reply

