Pelajar yang Cerdas Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Memilih Suplemen yang Tepat

Blog-Contest-Sea-Quill-Rectangle-300-x-250Tidak seharusnya seorang yang sedang menempuh pendidikan terhambat hanya karena kekurangan asupan gizi apalagi salah mengkonsumsi makanan. Sebagaimana kita ketahui pentingnya kesehatan sama dengan pentingnya ilmu itu sendiri, kita tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik tanpa ilmu begitupun dengan kesehatan, kita tidak bisa menjalankan sesuatu dengan baik bila kita sakit (tidak sehat). Bagaimana mungkin seorang pelajar dapat sukses jika tidak di dukung kesehatan dan asupan gizi yang mencukupi.

Untuk itu penting kiranya para pelajar untuk menjaga kesehatannya dengan mulai menjalankan dua kebiasaan baik ini, diantaranya dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan kesehatan.

Menjalankan pola hidup sehat di antaranya;

  1. Tidur yang cukup dan teratur, karena jika tidur kurang atau berlebihan, akan ada kemungkinan tubuh akan mengalami sesuatu yang membuatnya menjadi tidak sehat.
  2. Jika ada tugas yang menumpuk, usahakan maksimal sampai 10 jam saja, jika lebih dari itu tubuh akan rentan terhadap penyakit karena terlalu berlebihan dalam penggunaannya dalam bekerja. Tubuh juga memerlukan istirahat untuk mengembalikannya ke keadaan yang normal kembali.
  3. Jauhi rokok, makanan cepat saji, minuman beralkohol dan lainnya yang dapat merusak organ tubuh.
  4. Dan yang terakhir teratur dalam berolahraga, minimal 3 kali seminggu. Karena olahraga sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan tubuh anda dan dapat menjaga tubuh anda tetap bugar.

Selain usaha preventif dalam bentuk aktivitas, usaha preventif lainnya yang jauh lebih penting adalah aktivitas konsumsi yang kita lakukan. Membiasakan mengkonsumsi makanan kesehatan dapat menjaga sekaligus memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak sekedar sehat tapi juga bisa lebih produktif.

Apa yang di maksud dengan Makanan Kesehatan?

Makanan Kesehatan adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh. Banyaknya zat-zat kimia dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting, berikut beberapa bahan makanan yang mengandung zat-zat tersebut :

makanan kesehatan

Karbohidrat
Karbohidrat (zat tepung) banyak terkandung dalam makanan pokok. Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, dan sagu. Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Dari sumber tenaga ini, kita bisa melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Jadi, agar tubuh bertenaga maka setiap hari kita harus makan karbohidrat yang cukup yang bisa diambil dari nasi, roti, jagung, singkong, maupun sagu.

Protein
Protein banyak terkandung dalam lauk pauk yang digunakan untuk membangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak. Contoh yang termasuk dalam lauk pauk adalah daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, dan lain-lain.

Mineral
Mineral banyak terkandung dalam sayur-sayuran. Mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh dan tidak mudah terserang penyakit. Contoh sayur adalah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.

Vitamin
Vitamin banyak terkandung dalam buah-buahan misalnya: mangga, jeruk, pepaya, dan pisang. Untuk itu, setiap hari kita perlu makan sayur dan buah yang cukup.

Dengan demikian, agar tubuh kita tetap sehat kita perlu mengkonsumsi keempat jenis makanan tersebut setiap hari yang biasanya bila di Indonesia di tambah dengan susu sehingga sering disebut dengan 4 sehat 5 sempurna. Tujuan mengkonsumsi makanan kesehatan tersebut bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang secara baik.

Namun di era masyarakat modern seperti saat ini dengan pola makan yang tidak seimbang karena kesibukan dan kurangnya persiapan makanan dengan menu seimbang atau kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan seperti junk food yang terkadang memakai zat pengawet atau zat tambahan agar makanan tetap awet apalagi pelajar yang kondisinya jauh dari keluarga sangat sulit untuk memenuhi makanan dengan kandungan gizi seimbang .

Kondisi ini menyebabkan asupan zat gizi yang masuk ke dalam tubuh jadi terganggu. Belum lagi kurangnya waktu untuk berolahraga karena kesibukan mengerjakan tugas, tidak cukup tidur dan istirahat, bahkan faktor stres yang banyak melanda ketika ujian menjelang. Faktor lingkungan seperti pencemaran udara yang dapat merupakan sumber radikal bebas bagi tubuh kita kini juga tidak terlepas dari kehidupan kita. Untuk itu, kita memerlukan suplemen makanan untuk dapat membantu melengkapi kekurangan zat gizi dalam tubuh.

Makanan Kesehatan

Apa yang di maksud dengan Suplemen Makanan?

Suplemen makanan merupakan makanan yang mengandung zat-zat gizi dan non-gizi; bisa dalam bentuk kapsul, kapsul lunak, tablet, bubuk, atau cairan yang fungsinya sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan untuk menjaga agar vitalitas tubuh tetap prima. Sebagai pelengkap, suplemen makanan bukan diartikan sebagai pengganti (substitusi) makanan kita sehari-hari.

Lalu, bagaimanan memilih produk suplemen yang tepat?

Banyaknya produk suplemen yang beredar di pasaran memang membuat bingung kita dalam memilih suplemen yang tepat untuk di konsumsi. Tentunya yang paling berpengaruh selain fungsi, tentu harus mudah diserap dan juga aman dikonsumsi. Berikut tips untuk membantu memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh;

  1. Cermati labelnya, bacalah label produk secara cermat. Perhatikan bahan aktif dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  2. Hindari dosis yang berlebih, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memilih dan menentukan dosis suplemen yang akan dikonsumsi.
  3. Perhatikan tanggal kadaluarsa, suplemen dapat memiliki penurunan potensi seiring dengan waktu terutama jika disimpan dalam suhu yang panas dan lembab. Jika suplemen tersebut tidak memiliki tanggal kadaluarsa, hindari untuk dikonsumsi atau lebih baik, jangan dibeli.
  4. Perhatikan yang Anda makan, vitamin dan mineral sudah ditambahkan ke berbagai jenis produk makanan dan minuman. Jika Anda juga mengkonsumsi suplemen, maka Anda akan memperoleh nutrisi yang berlebih. Asupan yang berlebih dapat menimbulkan efek samping. Sebagai contoh, terlalu banyak besi dapat menyebabkan mual dan muntah dan dapat merusak hati dan organ tubuh lainnya.
  5. Pilih produk yang telah di chelate- kan yaitu produk yang telah di proses dengan pengikatan molekul sehingga penyerapan didalam usus menjadi lebih sempurna. Dengan proses ini dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
  6. Pilih suplemen multivitamin karena lebih efektif dan memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.
  7. Pilih produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetuju oleh FDA, bukan hanya dari kesaksian sejumlah orang.
  8. Pilih bahan suplement yang diproduksi dari bahan yang natural seperti extract dari buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet. Bila anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, perhatikan pula zat tambahan yang biasa ditambahkan kedalam suplement.
  9. Disarankan untuk memilih produk tablet enteric coat, karena tablet jenis ini baru mulai melepaskan zat- zat yang kita butuhkan tepat pada pusat penyerapan yaitu usus, sehingga zat-zat ini tidak akan dirusak oleh asam lambung.

Contoh produk suplemen yang direkomendasikan yaitu produk makanan kesehatan Sea-Quill karena bahan baku yang digunakan terjamin kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan dan kadar zat aktifnya yang diuji di in house laboratories yang menyangkut analisa dan tes mikrobiologi. Informasi lebih lanjut bisa klik disini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melalui konsumsi makanan kesehatan dan memilih suplemen makanan yang tepat, insya Allah kesehatan akan senantiasa terjaga dan akhirnya bisa lebih produktif sehingga kesuksesan dalam menempuh pendidikan bisa di raih. Membiasakan hidup sehat sejak dini adalah investasi berharga di masa tua dan pelajar yang cerdas mengkonsumsi makanan sehat dan memilih suplemen makanan yang tepat.

Semoga bermanfaat, Salam Peradaban!
Pare, 20.9.2014

Referensi

http://www.tanyadok.com/kesehatan/panduan-memilih-suplemen-yang-tepat

http://klikdokter.com/healthnewstopics/read/2013/07/31/15031726/-4-cara-memilih-suplemen

http://www.duniainformasikesehatan.com/2013/06/cara-menjalani-pola-hidup-sehat-yang.html#sthash.XqKSaMHt.dpuf

http://merpatiduta.blogspot.com/2008/05/suplemen-makanan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s