Tahap Pertama Perburuan Beasiswa LN

Mestakung 1Di salah satu artikel yang di tulis di kompasiana menjelaskan beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa luar negeri bahwa hampir keseluruhan beasiswa itu melihat ketiga hal ini, 1) nilai TOEFL 2) Pengalaman Organisasi, dan 3) Prestasi. Ketiga hal itu setidaknya sudah kita persiapkan sebelum kita mengajukan permohonan beasiswa atau mengikuti seleksi beasiswa.

Saya pun melihat ke dalam diri saya dan ternyata baru satu yang terpenuhi yaitu pengalaman organisasi sedangkan prestasi dan nilai TOEFL belum memenuhi sama sekali. Berangkat dari itu, saya mulai melakukan perencanaan-perencanaan termasuk rencana bagaimana agar saya dalam waktu yang relatif singkat bisa meraih prestasi terutamanya prestasi di bidang akademik, karena prestasi yang selama ini di raih tidak ada sama sekali kaitan dengan bidang yang di tekuni, seperti juara 3 lomba karikatur tingkat mahasiswa kota Palembang yang di selenggarakan oleh Palembang Pos tahun 2011, sementara bidang yang tekuni adalah akuntansi, tidak sesuai kan?

Dari itu saya pun mulai mengelist lomba-lomba yang berkaitan dengan akademik tapi yang relatif mudah untuk di ikuti, seperti essay yang tidak mensyaratkan untuk tanda tangan dosen dll. Setidaknya dari perburuan lomba-lomba itu di dapatlah 11 perlombaan, dengan komposisi 4 lomba akademik dan 7 lomba non akademik. Ke empat lomba di bidang akademik tersebut di antaranya 1) lomba essay PGSD UNY bertemakan Idealisasi Pendidikan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045”; 2) lalu lomba essay dari Komunitas Jago Akuntansi Indonesia (KJAI) chapter Sumatera utara yang bertemakan “Penerapan Akuntansi Syariah Untuk Memenangkan Tujuan Indonesia Pada Asean Economic Community 2015”; 3) Lomba essay “Mahasiswa Menggugat” dari Senat Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga; 4) Lomba Essay dari PPI Jepang dengan tema “Kontribusi Pelajar Indonesia untuk Menyelesaikan Permasalahan Bangsa.”.

Sedangkan ketujuh lomba non akademik di antaranya; 1)lomba menulis cerita inspiratif ber-ODOJ; 2)Tulis artikel di Eramadina ; 3)Lomba menulis surat untuk Capres oleh Yayasan Denny JA; 4)Lomba Tulis Puisi Nusantara; 5)Lomba Menulis artikel, Kertas 2014; 6)Writing Contest dari HMF Universitas Diponegoro; 7)Lomba Blog Tour de Singkarak.

Dari kesebelas list lomba yang di targetkan untuk di ikuti yang terealisasi di antaranya dua lomba akademik dan tiga lomba non akademik yang berhasil di ikuti; 1)Lomba essay PGSD UNY; 2)Lomba essay KJAI Sumut; 3)Lomba Tulis Surat untuk Capres oleh Yayasan Denny JA; 4)Lomba Tulis Puisi Nusantara; dan 5)Lomba Blog Tour de Singkarak. Alhamdulillah dari kelima lomba yang di ikuti tersebut, dua yang sudah pengumuman dan satu di antaranya Alhamdulillah membuahkan hasil, Juara Harapan 1 Lomba essay oleh KJAI Sumut.

Target untuk mendapatkan prestasi di bidang akademik setidaknya telah tercapai, namun dalam perjalanan, niat yang awalnya hanya ingin mendapatkan prestasi guna memenuhi kelengkapan syarat dalam mengikuti seleksi beasiswa meluas menjadi ingin juga mendapatkan hadiahnya. Hal ini sesuatu yang wajar, mengingat kondisi keuangan keluarga yang tidak sanggup lagi membiayai saya untuk lanjut S2, mendorong saya untuk berpikir kreatif dan lomba ini jadi salah satu peluangnya. Saya memerlukan asupan keuangan tambahan setidaknya untuk mempermudah proses saya sebelum menerima beasiswa nantinya seperti biaya pembuatan paspor, biaya mengikuti test TOEFL dan biaya transportasi selama proses seleksi beasiswa nantinya berlangsung.

Dari ketiga lomba tersisa yang masih dalam proses penilaian dan menunggu pengumuman, saya menaruh harapan besar pada lomba blog Tour de Singkarak (klik untuk melihat blog saya) dan meragukan kedua lomba lainnya yang saya ikuti tidak dengan maksimal.

Sejauh ini berdasarkan pengamatan saya, untuk lomba Blog Tour de Singkarak memiliki peluang 80% untuk menang, melihat jumlah peserta yang relatif sedikit, hal ini berdasarkan jadwal pendaftaran yang diperpanjang dan peserta yang mention ke twitternya panitia penyelenggara yang masih minim, namun tidak menutup kemungkinan pengamatan saya ini kurang tepat, ternyata peserta yang ikut banyak dan blog mereka jauh lebih bagus seperti peserta yang satu ini, Rizwan Hasim.

Karenanya untuk hasil ini nanti, saya tetap berkhuznudzhon pada kehendak Allah, apapun yang Allah berikan itulah yang terbaik bagiku. Sebagaimana doa-doa yang selama ini kupanjatkan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik.

Tepat tanggal 20 juli kemarin adalah jadwal akhir penilaian lomba blog tour de singkarak ini, dan untuk jadwal pengumumannya masih belum di infokan. Kita nantikan, akankah semesta bersekongkol untuk merealisasikan tahap pertama perburuan beasiswa LN saya ini? In sha Allah

Indralaya, 21 Juli 2014

Study Abroad….go..go.go…!!!

3 thoughts on “Tahap Pertama Perburuan Beasiswa LN

  1. nah,, usaha dengan ikut youth connecting gk ditulis juga kak,,😀

  2. Pengen Liburan sambil belajar Bahsa Inggris yuk ke Elfast English Course Kampung Inggris Pare kediri menyediakan Program Speaking,Grammar,Pre TOEFL ITP,TOEFL IBT,TOEFL ITP,IELTS dan Camp english area, TOEFL CAMP info lebih lanjut :
    http://www.elfast-pare.com
    Twitter : @elfastcourse
    LIke FanPage : Elfast English Course
    0354 399844
    Jln Kemuning Kampung Inggris Pare Kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s